Search

Silaturrahmi Panggung Pidato Adat se Kota Solok, Tradisi Yang Terus Dipertahankan

Foto saat berlangsungnya silaturrahmi panggung persembahan pidato adat se Kota Solok

Sabtu 23 Juli 2023 - Kota solok dengan julukan kota beras yang masih melestarikan pelaksanaan adat istiadat Minangkabau. Banyak dari adat dan istiadat tersebut masih hidup didalam kehidupan sehari-hari masyarakat yang terus dipertahan sampai sekarang ini.

Acara silaturrahmi panggung persembahan pidato adat se Kota Solok ini sudah kesebelas kali dilaksanakan. Hari sabtu tanggal 22 Juli 2023 pukul 20.00 wib sudah dilaksanakan kembali panggung persembahan pidato adat kelurahan simpang rumbio di Surau Aur Kuniang (baringin Rambak Kelurahan Simpang Rumbio).

Acara silaturrahmi panggung persembahan pidato adat ini dihadiri oleh Kadispar, LKAAM diwakili oleh Dt. Rajo mampang, Ketua Pembina adat dan syarak kota Solok, Lurah Simpang Rumbio, Bundo Kanduang, Guru atau pengurus panggung se kota solok.

Saat laporan ketua panggung simpang rumbio mengatakan, kegiatan ini merupakan program rutin Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) kota solok. Untuk latihan rutin dilaksanakan setiap selasa malam.

dipanggung bukan hanya berlatih pidato, tapi juga ada latihan kesenian tradisi, dalam waktu dekat panggung pidato adat simpang rumbio akan menerima murid baru sebanyak 9 orang.

Laporan ketua panggung simpang rumbio

Saat sambutan ketua pembina adat dan syarak kota solok, Beliau mengatakan "Maju atau mundurnya panggung tentu oleh pengurus tugas guru hanya mengajar, beliau juga menghimbau agar semua panggung kembali aktif seperti yang kita inginkan bersama.

Selanjutnya sambutan ketua LKAAM yang diwakili oleh Dt. Rajo Mampang, Beliau menyampaikan permintaan maaf dari ketua LKAAM karena tidak bisa hadir pada saat ini, kemudian beliau menyampaiakan bahwa surau aua kuniang termasuk surau bersejarah di kota solok dan pembangunannya dari APBD Kota solok, selanjutnya informasi terkait pemberangkatan tokoh adat dan RT RW Kota Solok ke luar daerah dan ini merupakan pokir salah seorang anggota dewan provinsi asal solok bapak datuak manjinjiang alam. Selanjutnya beliau juga menginformasikan terkait program pariwisata tentang Rang Solok Baralek gadang yg akan dilaksanakan pada tanggal 16 s.d 18 september tahun ini, dan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan event pariwisata nasional dalam Kharisma Event Nusantara tahun 2023.

Ibu Milda Murniati sebagai Kadispar mengatakan, Saat kini sudah mulai hilangnyo raso pareso di nagari kito, banyak contoh yg bisa dicaliak saat kini, tugas kito sebagai lembaga adat harus menegakkan dulu adat istiadat dari diri sendiri supaya bisa menjadi suri tuladan bagi generasi muda, jaan sampai cupak dialiah rang manggaleh jalan diasak urang lalu.

Sebelum ditutup dilanjutkan dengan penyerahan bantuan operasional penyelenggaraan arisan panggung dari pemerintah daerah kepada pengurus panggung simpang rumbio "Silang nan Bapangka Karajo Nan Bapokok"

Foto Penyerahan bantuan dari pemerintah daerah 

Jurnalisonline.site

0 Comments