Search

KEMERDEKAAN KE 78 RI DALAM PANDANGAN KETUA UMUM HMI CABANG SOLOK

 

Selamat HUT ke-78 RI, Kamis 17 Agustus 2023

Sumbar Narasi - 17 Agustus 2023 Merupakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang Ke 78.

Mengingat kembali sejarah perjuangan Indoneseia, perlu kita ingat kembali kejadian Rengas Dengklok yang mana saat itu jam 04.00 Wib Tanggal 16 Agustus 1945 Soekarno Hatta di sekap oleh Pemuda di rengasdengklok karena sebelumnya menolak untuk memproklamasikan Kemerdekaan.

Dan pagi harinya disusul Soebardjo ke rengasdengklok namun pemuda bersikukuh tidak mau melepaskan soekarno Hatta kecuali ada jaminan kemerdekaan, dan soebardjo mengatakan kalau proklamasi tidak dilakukan saya bersedia ditembak mati.

setelah seharian disekap jam 10 malam soekarno hatta tiba dijakarta, dan segera menggelar rapat di rumah Laksamana Tadashi Maeda.

Setelah perdebatan yang panjang dan segala pertimbangan dan keamanan pada Hari Jum'at 17 Agustus 1945 Jam 10.00 Wib Teks Proklamasi Kemerdekaan telah dibacakan dirumah Soekarno Jln Pegangsaan Timur 56.


Baca juga : Ketum PB HMI Reihan Ariatama melantik Pengurus HMI Cabang Solok dan Korps HMI-WATI Periode 2023-2024, Selasa 8/8/2023 di Hotel Premiere Syariah Solok


Mendengar kata merdeka, Saya teringat kata seorang Tokoh Nasional yang biasa di sebut dengan Bapak Republik yaitu Tan Malaka yang bersal dari Tanah Minang, Dalam Risalahnya pada tahun (1946) Medeka 100 % adalah bangsa yang sanggup berdiri secara Mental, Budaya, Politik, Pertahanan dan Ekonomi Tidak Bergantung Pada dan dikuasai oleh bangsa lain.

Disini perjuangan masyarakat Indonesia mengisi kemerdekaan RI selama 78 tahun tentu hal yang tidak mudah, disamping segala bentuk Konsepsi dan Orientasi yang diterapkan dari berbagai elemen yang mempunyai tujuan dari masing-masing corak dan latar belakang yang berbeda, perlu penekanan bagi kita semua kalau tujuan Indonesia yaitu terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea ke 4, dan tidak boleh satupun Elemen yang menentangnya walaupun masing-masing dari kita memiliki tujuan tersendiri.

Disini kita yang mengisi tempat-tempat di NKRI ini, perlu kita rawat dan jaga NKRI ini dengan sekuat-kuatnya, mulai dari daerah sampai ke tingkat pusat.

Mari sama-sama kita Yakinkan dengan Iman, Usahakan dengan Ilmu, Sampaikan dengan Amal.

#YakinUsahaSampai

0 Comments