Search

Mengenal Lebih Dekat Tentang Kota Solok Serambi Madinah

Foto drone kota solok dari atas udara (Sumber foto Egise Official)

Sumbar Narasi - Kota Solok, yang terletak di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia, sebelumnya merupakan ibu kota Kabupaten Solok. Kota ini terdiri dari dua kecamatan dan 13 kelurahan.

Lokasinya sangat strategis karena berada di persipangan jalan antar provinsi dan kabupaten/kota. Kota ini menjadi titik persimpangan menuju Kota Padang, ibu kota Provinsi Sumatra Barat, dengan jarak sekitar 64 km.

Jalur lintas dari Lampung, Sumatra Selatan, dan Jambi melewati Solok jika datang dari arah selatan. Sedangkan arah utara akan mengarahkan ke Kota Bukittinggi yang berjarak sekitar 71 km untuk mencapai wilayah Sumatra Bagian Utara.

Pada pertengahan tahun 2021, jumlah penduduk kota Solok mencapai 76.271 jiwa. Mayoritas penduduk usia produktif bekerja di sektor perdagangan (33%), diikuti oleh sektor jasa-jasa (32%) dan pertanian (16%). Kondisi ini menunjukkan bahwa penyerapan tenaga kerja di Kota Solok didominasi oleh sektor perdagangan dan jasa dengan dukungan dari sektor pertanian sebagai ciri masyarakat agraris.

Foto drone sawah solok dari atas udara (Sumber foto Egise Official)

Kota ini dijuluki Kota Beras karena Solok merupakan salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatra Barat, Istilah "Barah Solok" atau "Beras Solok" telah dikenal secara luas. Beras ini terkenal karena kualitasnya yang unggul dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Untuk menikmati beras Solok, Anda dapat mengunjungi rumah makan di sekitar kota, karena kebanyakan warung menggunakan beras lokal.

Pemerintah pusat juga telah mengakui Beras Solok dengan memberikan sertifikat Indikasi Geografis (IG) oleh Kemenkumham pada tahun 2018. Sertifikat IG untuk Barah Solok terdiri dari dua varietas, yaitu Sokan dan Anak Daro, yang menjadi komoditas unggulan dari Solok.


0 Comments