Search

Kunjungan Tim Safari Ramadhan Dari Kenagarian Sungai Abu di Masjid Nurul Anhar Jorong Sungai Kaluang

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dengan memperbanyak ibadah serta meningkatkan ketakwaan sekaligus menjalin silaturahmi dan melaksanakan kegiatan - kegiatan keagamaan di bulan suci ramadhan.

Membahas tentang keagamaan dan islami, tim safari ramadhan dari Kenagarian Sungai Abu melakukan kunjungan sekaligus adakan tausiah  di masjid nurul anhar jorong sungai kaluang selasa malam 19/03/2024. awal kegiatan safari ramadhan dilaksanakan di jorong panasahan saat ini di jorong sungai kaluang.

Kegiatan ini dilaksanakan lepas sholat isya trawih dan witir, Yang di hadiri oleh Bapak Wali Nagari Sungai Abu yaitu Padriwanto selingkup kasi kasi kenagarian, juga dihadiri oleh Niniak Mamak Sekaligus Ketua KAN nagari Sungai Abu Darias Dt. Panduko Kayo serta penyuluh agama Bapak Mardanus sekaligus penyampaian tausiah agama, juga dihadiri Bapak Jorong Sungai Batarak, Balaigarabak, Sungai Kaluang, Lubuak Muaro dan Panasahan serta pengurus masjid nurul anhar Jorong Sungai Kaluang.

Saat berlangsungnya kegiatan dengan antusias masyarakat yang hadir ramai-ramai di masjid nurul anhar sungai kaluang, Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci alqur'an dan diakhiri sambutan dari Bapak Wali Nagari Sungai Abu.


Saat sambutan dari Niniak Mamak sekaligus Ketua KAN nagari Sungai Abu Darias Dt, Panduko kayo mengatakan. "Kami bangga sekali, karena malam ini sudah ke 10 ramadhan, alhamdulillah diiringi dengan cuaca yang bagus, sekaligus panen padi dibulan ramadhan, mudah2an puasa kita diterima baik oleh allah swt." saat ini adat istiadat sudah banyak tertinggal akibat kemajuan teknologi dan anak anak sibuk dengan Handphone sudah kurangnya minat adat dan keagamaan beserta sudah mulai berkurangnya sopan dan santun sekaligus minat keseniaan mulai berkurang.

Beliau juga menekankan "Dengan banyaknya kekurangan dan minat-minat tersebut, untuk itu mari kita tingkatkan kembali adat istiadat di nagari kita."

Saat sambutan dari Bapak Wali Nagari Sungai Abu Padriwanto mengatakan, "Kunjungan safari ramadhan dari Kenagarian ini tentu untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat di Nagari Sungai Abu, saya juga mengucapkan minta maaf atas kurangnya melakukan kunjungan2 ke jorong-jorong di sungai abu ini. karena, atas amanah yang di berikan oleh masyarakat sebagai Wali Nagari banyaknya tugas kenagarian yang harus diselesaikan dan pertemuan ke luar, Ujar beliau."

Beliau juga membahas tentang penggunaan dana desa, dana pokir dan dana lainnya untuk pembangunan di lima Jorong Nagari Sungai Abu, tujuan dari penyampaian ini agar tidak adak permasalahan atau ketimpangan, sesuai misi beliau yaitu transparan kepada masyarakat.

Atas trasparansi tersebut, Pak wali juga sedang berusaha mengusulkan pemasangan Videotron dipusat Nagari Sungai Abu agar penggunaan dana desa dan informasi penting bisa di tampilkan di layar videotron.

Pak wali sangat apresiasi sekali untuk jorong sungai kaluang karena apapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan di jorong sungai kaluang ini selalu ramai.

Penutup, dari kenagarian sungai abu menyerahkan bantuan alqu'an sebanyak lima buah untuk masjid nurul anhar jorong sungai kaluang.


0 Comments