Search

Jalan sariak bawah terputus akibat longsor, masyarakat sariak sungai abu laksanakan gotong royong jalan padang licin kec hiliran gumanti

Dokumentasi masyarakat sariak sungai abu melaksanakan gotong royong jalan padang licin

Sumbarnarasi.com - Masyarakat nagari sariak dan nagari sungai abu kecamatan hiliran gumanti kabupaten solok bekerjasama melakukan kegiatan gotong royong memperbaiki akses jalan padang licin Minggu, 19 November 2023.

Gotong royong ini dilakukan sekitar jam 08.00 Wib sampai selesai, Ketua pelaksana kegiatan adalah  virgo, Dengan antusias masyarakat  sariak sungai abu yang tinggi, hadir ke lokasi di jalan padang licin lebih kurang sebanyak 100 orang, dimana biaya yang dipergunakan untuk komsumsi dan perbaikan jalan padang licin ini, di dapatkan dari iuran atau donasi dari masyarakan, perantau, pihak pemerintahan, tokoh masyarakat, pihat terikat dan tidak terikat.

Akses jalan padang licin ini sengaja di adakan gotong rotong bersama agar bisa dilalui masyarakat khususnya talang bungo sariak sungai abu, karena jalan utama sariak sudah terjadi 2 titik longsor di sariak bawah mengakibatkan tidak bisa dilalu oleh kendaraan roda dua maupun empat.

Jalan longsor di sariak bawah

Untuk menuju talang babungo dari nagari sariak alahan tigo ada tiga akses jalan, jalan pertama kita bisa melalui jalan taratak teleng, kedua bisa melalu jalan utama sariak bawah, jalan ketiga bisa melalu jalan padang licin melewati sariak ateh yang tembusnya nanti di kantor camat hiliran gumanti talang babungo.

Tentu masyarakat talang sariak sungai abu berharap besar kepada pihak pemerintahan agar jalan utama sariak bawah yang longsor ini cepat di perbaiki karena ini adalah jalan utama, yang di lalu masyarakat, jika melalui jalan padang licin, jalannya masih jalan tanah dan banyak lobang nya, karena jalan ini susah sangat lama sekali tidak di perbaiki.

Jika jalan utama yang longsor ini belum ada perbaikan yang baik tentu akan mempengaruhi perekonomian dan akses jalan masyarakat menuju talang babungo, serta di sungai abu juga ada satu pasar yang dimana para penjual 80 persen berasal dari talang babungo.


0 Comments