Search

KKI Warsi mengadakan pelatihan jurnalis warga di Hotel UNP Padang 2023

Foto bersama saat pelatihan jurnalis warga di hotel UNP Padang 29 Mei 2023

Komunitas Konservasi Indonesia Warsi (KKI-Warsi) merupakan organisasi non pemerintah yang melakukan kegiatan pendampingan masyarakat di dalam dan sekitar hutan. Warsi dideklarasikan pada 27 Desember 1991. Berkedudukan di Jambi, dengan wilayah kerja seluruh Indonesia. Warsi hadir untuk menyuarakan aspirasi masyarakat guna mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan secara ekologi bermanfaat secara ekonomi, sosial dan budaya. Fokus kerja KKI Warsi meliputi penyelamatan hutan tersisa dengan keanekaragaman hayati tinggi dan pendampingan masyarakat di dalam dan sekitar hutan.
pelatihan jurnalis warga diselenggarakan langsung oleh Komunitas Konservasi Indonesia(KKI warsi) selama 4 hari di Hotel UNP Padang, 26-29 Mei 2023. jumlah peserta sebanyak 20 orang dari berbagai daerah  di Sumatera Barat yaitu Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten lima puluh Kota, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Solok Selatan.
Kki Warsi ini mengadakan pelatihan yang bertema “Narasi Pemuda: merangkai narasi dari nagari dalam pengelolan sda berkelanjutan”  dengan target aktor pemuda penggerak dari daerah daerah di Sumatera Barat yang berbatasan langsung dengan perhutanan yang nantinya akan membawa perubahan untuk nagari masing-masing.
Sebanyak 80 persen sumber daya alam di Indonesia dikuasai oleh 60 persen orang-orang kaya dan 20 persen lainnya dikuasai oleh masyarakat. Hal itu disampaikan langsung oleh Rainal Daus, Wakil direktur Komuitas Konservasi Indonesia KKI Warsi pada acara pelatihan jurnalis warga yang diadakan di Hotel UNP Padang, pada Jumat 26 Mai 2023.
  

Foto Wakil Direktur Kki Warsi Rainal Daus saat pembukaan acara pelatihan 26 Mei 2023
sebagai ketua pelaksana pelatihan Siti Nurhaliza asal duri riau sebagai staf knowledge management ini mengatakan  Pelatihan jurnalisme warga yang bertajuk “Narasi dari Nagari” ini dilaksanakan selama empat hari. Peserta berasal dari berbagai nagari dampingan KKI Warsi sebanyak 20 orang. Ini salah satu bentuk pendampingan KKI Warsi kepada kelompok pemuda yang bertujuan memberikan pengetahuan dan penguatan kapasitas dalam meningkatkan kesadaran pemuda akan pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan berbasis local wisdom melalui kegiatan jurnalistik. Kita berharap, pasca pelatihan ini teman-teman yang mengikuti pelatihan dapat insight yang berkontribusi bagi perkembangan dan pembangunan nagarinya.
Saat pelatihan hari ke tiga dan hari ke empat peserta dibagi menjadi dua kelas yakni kepenulisan  sebanyak 9 orang dengan pemateri Syofiardi Bachyul jb dan kelas videografi sebanyak 11 orang dengan pemateri Mukhtar syafii.
Selama berlangsungnya pelatihan, Syofiardi Bachyul jb sebagai pemateri yang memberikan langsung pemahaman bagaimana cara menulis berita dan feature serta mempraktekkan langsung membuat berita tentang nagari masing masing.
Sebagai pemateri atau pelatih senior jurnalistik Syofiardi Bachyul jb berharap semoga peserta bisa membuat jurnalis warga dan mempublikasikan berita yang ada di perwakilan nagari masing masing.
Terlihat dari semangat peserta dalam mengikuti pelatihan ini sangat aktif bertanya dan antusias mengerjakan tugas yang diberikan pemateri.
Dengan selesainya pelatihan junalis warga Egis sebagai ketua lokal atau kelompok semoga dengan selesainya pelatihan ini, kita perwakilan dari 6 kabupaten ini mari bersama sama mengaplikasikan ilmu jurnalis warga ini dan bersama membangun SDM di nagari masing masing, intinya kita selalu kompak berkelanjutan dan jangan silaturahmi kita sampai disini saja.

0 Comments