Search

Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan Ke-6 Kota Solok, ini Tanggapan Wakil Walikota

Sumber foto Prokomp Kota Solok
Sumbarnarasi.com - Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, menghadiri Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan Ke-6 Kota Solok yang diselenggarakan di Gedung Kubuang Tigobaleh pada Kamis (30/11/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Kepala Cabang Dinas Wilayah III Provinsi Sumatera Barat, pengawas, kepala sekolah, pengajar praktik, dan seluruh Guru Penggerak Angkatan 6 Kota Solok.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam program guru penggerak, termasuk Balai Guru Penggerak Sumatera Barat, Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Dinas Pendidikan Kota Solok, kepala sekolah, fasilitator, dan pengajar praktik yang telah membantu dan membimbing seluruh guru penggerak selama program berlangsung. Wakil Walikota juga mengapresiasi para guru yang telah melewati seleksi dan berhasil menjadi guru penggerak pada hari itu.

Guru penggerak yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan diharapkan dapat menjadi pemimpin pendidikan yang mengutamakan kebutuhan murid dalam setiap kebijakannya, baik sebagai kepala sekolah, pengawas sekolah, maupun dalam bentuk kepemimpinan pendidikan lainnya. Wakil Walikota berharap para guru penggerak dapat memberikan perubahan yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan tempat mereka bertugas, memberikan pelayanan yang berpihak pada murid, dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang baik.

Wakil Walikota juga menyatakan bahwa pendidikan merupakan variabel utama dalam kemajuan daerah dan bangsa, serta faktor dominan dalam meningkatkan peradaban bangsa. Penataan pendidikan karakter bangsa juga menjadi penting, mengingat pengaruh kuat globalisasi yang secara perlahan telah menggerus moral anak bangsa. Peran orang tua di rumah dan guru di sekolah sangat penting dalam membentuk karakter anak didik.

Dengan visi merdeka belajar, Wakil Walikota berharap para guru penggerak dapat mencetak agen transformasi dalam ekosistem pendidikan yang mampu menghasilkan anak didik yang berkompentensi global namun tetap memiliki karakter Pancasila. Wakil Walikota mengajak semua pihak untuk menciptakan pembelajaran dan lingkungan pendidikan yang menumbuhkan semangat siswa, menggali potensi mereka, memperkuat mimpi, dan membuat hari-hari anak-anak kita di sekolah menjadi penuh warna, serta membimbing mereka menjadi penerus bangsa yang membanggakan, sehingga kita dapat mewujudkan generasi unggul Indonesia.

0 Comments