Search

KUPS Kopi Marola Mutiara Suliti Adakan Pelatihan Budidaya Kopi Demi Mendorong Hubungan Kerja Sama Dengan Para Petani Kopi

Petani kopi dan KUPS Kopi Marola Mutiara Suliti mengikuti pelatihan budidaya kopi ( Minggu, 11 Februari 2024) Dok : Intan Bodtaryani 

Ditulis Oleh Intan Bodtaryani Kader Jurnalis Warga Kab Solsel
Minggu, 11 Februari 2024, KUPS Kopi Marola Mutiara Suliti mengadakan pelatihan budidaya tanaman kopi bersama para petani kopi yang didampingi oleh KKI Warsi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Pasir Talang Timur Kabupaten Solok Selatan dan dibarengi dengan kegiatan praktik teknik budidaya di salah satu kebun kopi milik warga.

Pelatihan budidaya tanaman kopi ini menghadirkan dua pemateri yang berpengalaman tentang bagaimana budidaya kopi yang baik, pemateri satu bernama Aang Kurniawan, Sp dan pemateri kedua bernama Attila Majidi, Sp

Pelatihan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama antara KUPS dengan para petani kopi dan membentuk petani kopi yang paham bagaimana cara merawat, cara pemangkasan tanaman kopi yang baik, bagaimana cara pengolahan kopi, serta meningkatkan kapasitas petani kopi dalam melakukan budidaya kopi.

Praktek pemangkasan tanaman kopi

Pis Ardi sebagai ketua KUPS Kopi Marola Suliti menyampaikan harapannya kepada para petani kopi agar bisa mengembangkan kembali kebun kopi yang sudah lama tidak di rawat, sehingga bisa meningkatkan ekonomi para petani kopi dan pengusa kopi yang ada di Nagari. Ia juga berharap bisa mewujudkan kembali era 80an yang dimana saat itu Nagari Pasir Talang merupakan penghasil kopi terbanyak di Sungai Pagu.

"kami berharap agar petani kopi mengembangkan dan menghidupkan kembali kebun-kebun yang sudah lama tidak terurus, apalagi  kopi sekarang lagi booming dan memiliki nilai plus bagi perekonomian kita. Ucap Pis Ardi ketua KUPS Kopi Marola Mutiara Suliti".

Pj Wali Nagari Pasir Talang Timur Alfa Hendra mengucapkan terima kasih kepada KKI Warsi yang telah memberikan bantuan dana kepada KUPS Kopi Marola Mutiara Suliti. Dengan adanya bantuan tesebut KUPS Kopi Marola Mutiara Suliti bisa lebih maju dan berkembang sampai saat ini. 

Hutan Nagari  yang ada di Nagari Pasir Timur ini tergolong sangat luas, masyarakatnya sebagian berprofesi sebagai petani, oleh karena itu dengan adanya bantuan dari KKI Warsi untuk usaha kelompok tani, sangatlah membantu sekali untuk kemajuan KUPS.

“Saya berharap usaha kopi ini terus berkembang dan lebih maju kedepannya.  Untuk saat ini kopi marola sudah banyak dikenal oleh masyarakat sekitar, bahkan di Sumatera Barat khususnya di Kota Padang juga sudah tersebar. ucap Alfa Hendra Pj Wali Nagari Pasir Talang Timur".

Fasilitator KKI Warsi Yozi Putriani juga menyampaikan jika usaha dari KUPS maju maka besar kemungkanan petani kopi juga akan mendapatkan dampak positif dari kegiatan tersebut seperti ekonomi yang lebih baik. Ia juga berharap kepada peserta pelatihan yang memiliki kebun kopi bisa menjadi binaan KUPS, dan dengan terjalinnya hubungan kerja sama antara KUPS dengan petani kopi bisa membuat usaha kopi kedepannya menjadi lebih baik. 

Dengan melakukan peningkatan teknik budidaya dan pemrosesan yang baik, petani dapat menghasilkan kopi berkualitas tinggi yang memenuhi standar pasar. Sehingga pendapatan yang diperoleh dari penjualan kopi dapat membantu masyarakat baik usaha kopi maupun petani kopi itu sendiri bisa memperbaiki kondisi ekonomi dan meningkatkan taraf hidup mereka.


0 Comments