Search

Even Rang Solok Baralek Gadang Resmi Ditutup 18/9/2023

Foto drone Rang Solok baralek Gadang di hamparan sawah solok (foto by Egis)
sumbarnarasi.com - Kharisma Event Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang, yang berlangsung sejak 16 September 2023 di hamparan sawah solok, telah ditutup pada hari Senin, 18 September 2023. Penutupan acara dimulai dengan tradisi 'Bakaua Tulak Bala Padi Tabik', diikuti oleh 1.900 peserta dari berbagai penjuru.


Acara bergengsi ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, wakil wali kota, Ramadhani Kirana Putra, dan tamu undangan lainnya. Jefrizal, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Asisten II Sekda Kota Solok, melaporkan bahwa selama 3 hari, dari 16 hingga 18 September 2023, Rang Solok Baralek Gadang berjalan dengan lancar dan mendapat antusiasme tinggi dari pengunjung.


Selama acara ini, juga diselenggarakan bazar untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pelaku ekonomi kreatif dari Kota Solok dan daerah sekitarnya, termasuk pedagang kaki lima yang telah diatur dengan baik. Jefrizal mengungkapkan bahwa Rang Solok Baralek Gadang selalu ramai dikunjungi, dengan perkiraan 18 ribu pengunjung setiap harinya dan transaksi ekonomi mencapai 1 miliar rupiah per hari. Selama Rang Solok Baralek Gadang, diperkirakan transaksi sebesar 5 miliar rupiah telah terjadi.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, mengatakan bahwa Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu dari empat Kharisma Event Nusantara (KEN) yang ada di Sumatera Barat. Ia menekankan bahwa KEN ini adalah satu-satunya acara Kharisma Event Nusantara yang diselenggarakan di tengah sawah, dan hanya di Kota Solok. Acara ini mempromosikan keunikan dan identitas dari daerah masing-masing.


Audy Joinaldy juga mengapresiasi Walikota dan Wakil Walikota Solok karena pertumbuhan ekonomi yang baik dan semakin dikenalnya Kota Solok oleh daerah lain. Ia menyebut bahwa hal ini berkat kerja sama yang baik antara kedua pemimpin tersebut. Ia berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menyediakan dana untuk mengembangkan pariwisata di daerah tersebut, dan Kepala Dinas Pariwisata diharapkan untuk aktif berperan dalam pengembangan tersebut.


Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, menyatakan bahwa Event Rang Solok Baralek Gadang berjalan dengan baik dari awal hingga akhir. Ia mengingatkan bahwa Pemerintah Kota Solok tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan dari semua pihak. Ia mengajak semua pihak untuk saling mendukung, tidak hanya dalam acara ini, tetapi juga dalam pembangunan dan kemasyarakatan secara umum. Zul Elfian Umar mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mewujudkan visi Kota Solok yang berjuang untuk menjadi berkembang, maju, dan sejahtera.


Walikota Solok juga menyampaikan bahwa sedikit demi sedikit, Kota Solok terus berusaha mengejar ketertinggalannya dari daerah lain. Ia menyebutkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah di Banda Panduuang dan Stadion Marah Adin saat ini sedang dalam tahap percepatan pembangunannya dan diharapkan akan diresmikan pada tahun 2024.


Zul Elfian Umar berharap bahwa Rang Solok Baralek Gadang akan kembali dipercaya untuk menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) di tahun depan. Ia menyatakan bahwa akan dilakukan evaluasi dan persiapan terbaik untuk masa mendatang. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para pemilik sawah yang telah menyediakan tempat, karena Rang Solok Baralek Gadang tidak dapat dipindahkan ke tempat lain karena sawah Solok merupakan ikon Kota Solok.

0 Comments