Search

Beberapa tempat wisata di nagari sungai abu yang indah tapi tidak terawat, Ini alasannya

Foto suasana pagi jorong balaigarabak nagari sungai abu
Sumbarnarasi.com - Nagari sungai abu adalah nagari yang terletak di kecamatan hiliran gumanti kabupaten solok sumatera barat, nagari sungai memiliki 5 jorong yaitu jorong Panasahan, Lubuak Muaro, Balai Garabak, Sungai Batarak, Sungai Kaluang.

Di nagari sungai abu 98 persen masyarakatnya petani dengan hamparan pesawahan dataran dan perbukitan yang begitu indah di pandangan mata. Tidak sampai disitu saja, di nagari sungai abu kecamatan hiliran gumanti ini juga memiliki titik titik tempat wisata yang tidak kalah dengan wisata wisata lain, salah satunya adalah wisata air terjun yang terletak di daerah sungai bungo dengan perjalanan menuju lokasi lebih kurang berjarak 2 kilo. Selanjutnya juga ada wisata air hangat karang batonggak yang terletak di jorong lubuak muaro yang berjarak dari jorong lubuak muaro ke lokasi lebih kurang 1 kilo.

Uniknya jika ada benda yang kita masukkan kedalam air hangat ini selama 4 atau 5 bulan akan menjadi karang atau batu, hal ini terjadi karena pengaruh dari air hangat yang membuat benda tersebut berubah. Wisata air hangat karang batonggak ini sekarang sudah tidak terawat lagi karena tidak adanya komunitas wisata atau masyarakat yang turun langsung membersihkan lokasi ini, sebenarnya jika lokasi ini terawat bisa jadi salah satu ikon wisata di nagari sungai abu dan bisa menarik wisatawan mengunjungi lokasi wisata air hangat karang baronggak ini,

Pada juni 2023 kemaren wisata air hangat karang batonggak ini dikunjungi langsung oleh wisatawan dari jepang, Hal yang membuat tidak terawat salah satunya dikarenakan tidak ada dukungan atau bantuan tunai langsung untuk operasional perbaikan dan pembangunan wisata ini.

0 Comments